Apa itu Organik?

October 2, 2009

5 stars organik

Perkataan “organik” sebenarnya bermaksud “berasal dari tanah”. Singkatnya, membawa arti “asli, alami, tidak tercemar dan lain2”, yaitu sifat2 produk pertanian yang dapat digunakan setiap hari. Beberapa contoh produk organik termasuk sayur2an, vitamin, pasta gigi, sabun, sabun cuci dan lain sebagainya.

Bapak teori organik, Dr. Henry Chang, menyatakan bahwa “makanan organik” berarti seluruh produk pertanian yang bebas dari pupuk kimia, bahan kimia atau bahan tambahan sejak permulaan, yaitu seluruhnya alami. Beberapa contoh cara2 bertani tersebut termasuk membajak tanah secara tradisional, menggunakan pupuk alami atau tanah yang memang subur, atau memasukkan cacing kedalam tanah untuk menggemburkan tanah melalui kegiatan penggalian lubang yang alami. Hal ini menyebabkan tanah teroksidasikan, sehingga meminimalkan pencemaran tanah, udara, dan air di kawasan tanah tersebut. Walaupun pupuk2 kimia dapat membantu pertumbuhan, meningkatkan produktivitas tanah dan selanjutnya memberikan hasil yang lebih baik, namun hasil tersebut hanya indah di pandang tanpa banyak manfaat. Produk-produk hasil olahan pertanian tersebut, mungkin banyak mengandung air yang mempengaruhi rasa asli sayur-sayuran yang sebenarnya atau kwalitas makanan tumbuh-tumbuhan an itu.

Peternakan hewan secara organik juga dimulai dengan pemberian makanan organic. Makanan2 tersebut bebas dari hormon pertumbuhan, dan hewan ternak juga tidak perlu disuntik dengan hormon tambahan lain. Misalnya, jika sapi penghasil susu diternak di padang rumput organik, maka susu dan daging yang dihasilkan juga dikategorikan sebagai produk organic. Siapa saja yang pernah memakan daging ayam “kampung” tentu saja berpendapat bahwa daging ayam tersebut lebih sedap dibandingkan dengan daging ayam yang berasal dari peternakan komersil.

Oleh itu, Dr. Henry Chang yakin bahwa umur manusia dapat mencapai 100 tahun, tetapi sebagian besar manusia tidak dapat berumur panjang karena makanan mereka mengandung terlalu banyak bahan kimia dan Toksin. Hal ini mempengaruhi fungsi-fungsi sistim kekebalan mereka, sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi, kanker darah (leukemia) serta penyakit-penyakit penyakit di zaman modern lainnya.

Kita bisa membandingkan kualitas kesehatan kita dengan anak-anak kita saat ini, dulu saat musim hujan kita masih sering bermain di bawah curahan hujan tanpa masalah sama sekali, kondisi ini ini jauh berbeda dengan anak-anak zaman sekarang yang memiliki system pertahanan tubuh yang lemah, sehigga lebih mudah terserang flu, batuk demam dsb. Kualitas makanan, udara dan kebiasaan hidup serba instant yang banyak mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan.

Penykit Kronis di zaman Modern

Ilmu Naturopati yakin bahwa penyebab utama penyakit adalah hasil dari makanan dan obat-obata termasuk :

  1. Toksin dalam makanan (pewangi tiruan,toksin binatang perusak, antibiotik, bahan pengawet dan lain2)
  2. Cara memasak makanan yang tidak benar (makanan dimasak terlalu lama)
  3. Makanan yang terlalu pedas dan terlalu banyak bumbu, kurang memakan sayur2an dan buah-buahan yang kaya dengan vitamin dan serat.
  4. Penyalah-gunaan obat2an (segala macam jenis obat-obatan yang mengandung toksin dan memberikan efek samping)
  5. Kebiasaan hidup yang kurang sehat (tekanan perasaan, kurang tidur, kurang berolah-raga).

Makanan Organik dan Cara Hidup Organik Merupakan Cara Yang Baik

Manusia adalah satu-satunya di dunia ini yang mendambakan kesehatan, kebaikan, dan kecantikan. Dalam usaha mencapai keinginan ini, kesehatan tubuh paling diutamakan, ini disebabkan tanpa kesehatan fisik dan mental semua kebenaran dan kecantikan tidak lagi berarti. Dan seseorang yang tidak sehat tidak akan merasa gembira, walau banyak hal didunia ini yang dapat membawa kepuasan misalnya, kekayaan, kekuasaan, kecantikan, kesuksesan, namun jika tubuh kita tidak sehat, hidup seseorang itu pasti sengsara karena dia terpaksa terus berikhtiar untuk terus hidup dan tidak sanggup menikmati kekayaannya dan status tinggi yang telah diperolehnya.

Beberapa orang hanya menyadari betapa pentingnya kesehatan tubuh apabila mereka mengalami ketidak nyamanan atau diserang penyakit. Ada pepatah yang mengatakan “cegah sebelum terjadi” patutlah dijadikan pedoman hidup.

Pada dasarnya, banyak Negara di dunia telah setuju untuk menuju kearah mencipta sebuah “bumi organik”.  Jika makanan organik menjadi popular diseluruh dunia, sehingga dapat mengubah kebiasaan makan dan minum kita, maka tujuan ideal “hidup sehat”, panjang umur memang bukan hanya impian.

Beberapa Tips Gaya Hidup Organik
1. Hidup selaras dengan alam
2. Banyak minum air
3. Dapatkan sinar matahari dan udara yang mencukupi
4. Berolahraga untuk kesehatan dan panjang umur
5. Lakukan tingkah-laku dan emosi yang baik untuk mengurangi tekanan
6. Jangan merokok, minum minuman keras dan hindari obat-obatan terlarang
7. Pilih makanan organik yang tidak tercemar

Semoga bermanfaat sebagai pedoman untuk memulai langkah hidup sehat dengan Makanan Organik.

http://kluborganik.com

{ 2 comments… read them below or add one }

1 Junardi October 2, 2009 at 4:36 pm

Saya ucapkan selamat atas peluncuran blog dari KlubOrganik.Com

2 Melileaku October 9, 2009 at 4:07 pm

Terimakasih ..
dan sering2 berkunjung ya..

Leave a Comment

You can use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Previous post: Pestisida Picu Parkinson

Next post: Tanaman Organik Sangat baik memerangi kanker

</