Rahasia Tidur Nyenyak

December 31, 2009

tidur

melilea sleep

Jika Anda mengalami masalah tidur, apakah Anda tidak bisa tidur, bangun terlalu sering, merasa tidak cukup istirahat ketika bangun di pagi hari, atau hanya ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda, cobalah cara-cara berikut ini karena banyak teknik-teknik di bawah ini mungkin dapat membantu permasalahan anda:

Dengarkan Music Relaksasi. Putar Music relaksasi atau suara-suara alam, seperti laut, hutan untuk menenangkan tidur anda.

Hindari makanan ringan, terutama biji-bijian dan gula sebelum tidur. Hal ini akan meningkatkan gula darah dan menghambat tidur. Kemudian, ketika gula darah turun terlalu rendah (hipoglikemia), Anda bisa bangun dan tidak dapat tidur kembali.

Tidur dalam gelap gulita atau setidaknya remang-remang. Jika ada sedikit bahkan yang cahaya yang kecil sekalipun di ruangan anda bisa mengganggu irama sirkadian anda dan kelenjar pineal,  anda akan memproduksi melatonin dan seratonin. Bisa jadi anda terbangun di tengah malam disebabkan cahaya kecil yang berasal dari lampu kamar mandi. Cobalah matikan kembali lampu setelah menggunakan kamar mandi.

Tidak ada TV di tempat tidur anda. Bahkan lebih baik, pindahkan TV keluar dari kamar tidur anda. Terlalu merangsang ke otak dan akan memakan waktu lebih lama untuk tertidur. Juga mengganggu fungsi dari kelenjar pineal untuk alasan yang sama seperti di atas.

Gunakan kaus kaki sebelum tidur. Karena fakta bahwa mereka memiliki sirkulasi termiskin, kaki sering terasa dingin lebih dulu sebelum seluruh tubuh anda.

Baca sesuatu yang spiritual atau religius. Hal ini akan membantu untuk bersantai. Tidak membaca apa-apa yang merangsang, seperti buku misteri atau novel yang menegangkan, karena hal ini dapat berdampak sebaliknya. Selain itu, jika Anda benar-benar menikmati buku yang menegangkan, Anda mungkin berakhir tanpa sengaja membaca selama berjam-jam, bukannya tidur..

Hindari penggunaan alarm yang kencang!!. Hal ini bisa membuat tubuh anda stress terbangun secara tiba-tiba. Jika Anda cukup tidur secara teratur, maka seharusnya tidak perlu menggunakan Alarm.

Journal. Jika Anda sering berbaring di tempat tidur dengan pikiran yang tidak tenang, mungkin bisa membantu membuat jurnal dan menuliskan apa yang ada di pikiran Anda sebelum tidur. Secara pribadi, saya telah melakukan ini selama 15 tahun, tetapi lebih suka melakukannya di pagi hari ketika otak berfungsi pada puncaknya dan pada tingkat coritsol tinggi  (Dr. Mercola)

Konsumsi Melatonin dan prekursor. Jika memang sulit untuk tidur, bisa di bantu dengan suplementasi hormon melatonin. Idealnya yang terbaik adalah gunakan fungsi tubuh alami. Tapi  Seseorang dapat juga menggunakan salah satu prekursor melatonin, L-triptofan atau 5-hydroxytryptophan (5-HTP). L-triptofan dapat diperoleh dengan resep saja. Namun, jangan takut atau terintimidasi oleh status resep. Itu hanya asam amino sederhana.

Tidurlah secepat mungkin (jgn larut malam). Sistem tubuh, terutama adrenal, mayoritas melakukan pengisian ulang atau dipulihkan dari jam 23.00 s.d jam 01.00 Di samping itu akan terjadi penumpukan racun pada kandung empedu selama periode yang sama. Jika Anda bangun, racun kembali ke hati yang kemudian kembali ke seluruh sistem anda lebih lanjut dan menyebabkan gangguan kesehatan Anda. Sebelum meluasnya penggunaan peralatan  listrik, orang akan pergi tidur segera setelah matahari terbenam, karena hewan pun melakukan hal yang sama, dan itu merupakan kondisi alam yang di tujukan untuk manusia.

Periksa barang-barang elektronik atau aliran listrik yang masih menyala dalam kamar tidur anda. Ini dapat mengganggu kelenjar pineal dan produksi melatonin dan seratonin, dan mungkin memiliki efek negatif lainnya juga. Salah seorang dokter bahkan menganjurkan agar orang-orang  mematikan arus listrik sebelum tidur (Dr Herbert Ross, penulis buku “Gangguan Tidur”).

Menjaga suhu di dalam kamar tidur tidak lebih tinggi dari 70 derajat F.

Konsumsi Makanan ringan tinggi protein beberapa jam sebelum tidur. Ini dapat memberikan L-triptofan kebutuhan untuk memproduksi melatonin dan serotonin.

Juga memakan sepotong kecil buah. Hal ini dapat membantu triptofan melintasi penghalang aliran darah menuju otak.

Mengurangi atau menghindari obat-obatan sebanyak mungkin. Banyak obat-obatan memiliki efek pada tidur.

Hindari kafein.

Alarm dan peralatan elektronik lainnya. Jika memang harus menggunakan peralatan tersebut di usahakan di berijarak sejauh 3 kaki.(jgn terlaku dekat)

Hindari alcohol. Meskipun alkohol akan membuat orang mengantuk, efeknya jam tidur lebih singkat karena orang-orang akan sering terbangun beberapa jam kemudian, tidak bisa tidur kembali.

Menurunkan berat badan. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko apnea tidur, yang akan mencegah tidur malam yang tenang.

Hindari makanan yang mungkin sensitif bagi anda. Hal ini terutama berlaku untuk produk-produk susu dan gandum, karena mungkin telah berpengaruh pada tidur, seperti menyebabkan apnea, , gastrointestinal, kelebihan gas, dsb..

Jangan minum cairan 2 jam sebelum tidur. Ini akan mengurangi waktu tidur anda yang kebanyakan akan habis untuk bangun tengah malam dan pergi ke kamar mandi

Mandi air panas atau mandi sauna sebelum tidur. Ketika suhu tubuh naik di malam hari, akan turun di saat jam tidur, ini dapat menjadi fasilitator  untuk tidur yang lebih nyenyak.

Jika Anda menopause atau perimenopause, bisa diperiksa oleh seorang dokter obat alami yang baik. Perubahan hormon saat ini dapat menyebabkan masalah jika tidak ditangani dengan benar.

Jangan mengubah waktu tidur Anda. Anda harus pergi ke tempat tidur, dan bangun, pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Ini akan membantu tubuh Anda untuk masuk ke ritme tidur dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur dan bangun di pagi hari.

Pastikan Anda berolahraga secara teratur. Olahraga selama paling sedikit 30 menit setiap hari dapat membantu Anda tertidur. Namun, jangan berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur atau mungkin membuat Anda tetap terjaga. Penelitian menunjukkan berolahraga di pagi hari adalah yang terbaik jika Anda bisa melakukannya.

Membentuk rutinitas tidur. Ini dapat mencakup meditasi, bernapas dalam-dalam, dengan menggunakan aromaterapi atau minyak esensial atau memanjakan diri dengan pijat dari pasangan Anda. Kuncinya adalah menemukan sesuatu yang membuat Anda merasa rileks, kemudian mengulanginya setiap malam untuk membantu Anda melepaskan ketegangan hari.

Pergi ke kamar mandi tepat sebelum tidur. Ini akan mengurangi kemungkinan bahwa Anda akan bangun untuk pergi di tengah malam.

Memakai masker mata untuk menghalangi cahaya. Seperti dikatakan di atas, sangatlah penting untuk tidur sedekat mungkin gelap gulita. Dalam kasus ini, masker mata dapat membantu untuk menghalangi cahaya yang tersisa.

Sumber : Dr. Mercola

{ 1 trackback }

Tips – Mengurangi risiko penyakit jantung | www.melileaku.com
May 11, 2010 at 1:14 am

{ 2 comments… read them below or add one }

1 ir.marsaid arsyad January 2, 2010 at 1:12 pm

meliala very good untuk memperpanjang usia.

2 Melileaku January 13, 2010 at 5:29 am

benar sekali… anda juga sudah mengkonsumsinya bukan..? 🙂

Leave a Comment

You can use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Previous post:

Next post:

</